Thursday, March 25, 2021

Gua Sodong Pracimantoro, Luweng Museum Karst yang Menyimpan Misteri

 

Gua Sodong di Kompleks Museum Karst Indonesia, Pracimantoro, Wonogiri

Gua Sodong Pracimantoro, Wonogiri

Gua Sodong berada di kompleks Museum Karst Indonesia di Desa Gebangharjo, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Gua itu mempunyai lorong yang panjang dan terdapat luweng (saluran bawah tanah) di dalamnya.

Gua Sodong terletak sekitar seratus meter di sebelah selatan Museum Karst. Sebuah sungai kecil mengalir masuk ke dalam gua tersebut. Di saat kemarau, airnya tidak seberapa. Namun ketika musim hujan, air yang masuk menuju mulut gua tersebut bisa meluber hingga pelataran parkir di atasnya. 

Bahkan, banjir parah pernah terjadi 20 November 2017 silam. Saat itu hujan dengan intensitas sangat lebat turun, sementara luweng di dalam Gua Sodong tersumbat. Akibatnya banjir besar terjadi hingga menggenangi Museum Karst sedalam lebih dari dua meter.

Baca juga : Bengawan Solo Purba, Menyimpan Jejak 4 Juta Tahun

Saat musim kemarau, orang bisa memasuki gua tersebut. Kedalaman Gua Sodong masih menjadi misteri, kedalaman sebenarnya gua tersebut belum bisa dipastikan. Gua Sodong bisa ditelusuri secara horizontal sejauh sekitar 200 meter. Namun, di dalamnya terdapat luweng yang alirannya menuju entah ke mana. Beberapa orang konon sempat menjelajahi Gua Sodong, tapi belum ada yang menemukan ujungnya. 

No comments:

Post a Comment

Jati-jati Raksasa di Cagar Alam Donoloyo Wonogiri

Pohon Jati di Cagar Alam Donoloyo Wonogiri Pohon Jati Berlubang di Cagar Alam Donoloyo Wonogiri Cagar Alam Donoloyo di Desa Watusomo, Keca...

BERITA TERPOPULER