Friday, May 17, 2019

Pantai Dadapan, Paranggupito, Wonogiri

Pantai Dadapan, Paranggupito, Wonogiri
Tugu Perbatasan di Pantai Dadapan

Pantai Dadapan berada di Desa Paranggupito, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Pantai ini berada di perbatasan antara Kabupaten Wonogiri (Provinsi Jawa Tengah) dengan Kabupaten Gunung Kidul (Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta).

Tanda perbatasan antarprovinsi itu berupa sebuah tugu kecil, yang ada di sisi barat pantai. Saat air surut, kita bisa memanjat batu karang dan berfoto di dekat tugu perbatasan tersebut.

Pantai ini tidak terlalu luas, namun dihiasi pasir putih dan bebatuan karang di kanan dan kirinya. Suasananya masih sepi karena belum banyak dikunjungi wisatawan. Terkadang kita akan menjumpai warga setempat yang menjaring ikan atau mencari umpan lobster.

Kalau penasaran, silahkan lihat video ini :  Video Pantai Dadapan

Bagai mana jalur menuju Pantai Dadapan?

Kalau dari Wonogiri Kota, kita bisa berkendara ke arah selatan sekitar 60 kilometer menuju ke Kecamatan Paranggupito. Sesampainya di pertigaan Kecamatan Paranggupito, belok ke kanan (selatan) sekitar 5 kilometer sampai ke Pantai Sembukan.

Setelah melewati gapura/loket retribusi Pantai Sembukan, belok ke kanan (barat) sekitar 1 kilometer. Kita akan melewati Pantai Klotok terlebih dahulu, sebelum tiba di Pantai Dadapan.

Sepeda motor belum bisa mencapai pantai. Sepeda motor diparkir di tepi jalan cor. Selanjutnya, pengunjung harus berjalan kaki sekitar 300 meter ke Pantai Dadapan. Jangan sungkan bertanya kepada warga. Biar tidak kesasar... Hehe.

No comments:

Post a Comment

Jati-jati Raksasa di Cagar Alam Donoloyo Wonogiri

Pohon Jati di Cagar Alam Donoloyo Wonogiri Pohon Jati Berlubang di Cagar Alam Donoloyo Wonogiri Cagar Alam Donoloyo di Desa Watusomo, Keca...

BERITA TERPOPULER