Sunday, May 26, 2019

Pantai Klotok, Paranggupito, Wonogiri

Pantai Klotok berada di Desa Paranggupito, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Pantai ini dulu pernah diproyeksikan menjadi pelabuhan penangkapan ikan.

Sebuah dermaga dan sebuah bangunan tempat pelelangan ikan (TPI) dibangun sekitar 2006 silam. Tumpukan beton pemecah ombak juga banyak dijumpai di pantai tersebut. Namun, hingga kini pelabuhan itu tidak pernah dipakai. Salah satu kendalanya, ombaknya terlalu besar dan terlalu banyak bebatuan karang di sekitar pantai, sehingga berbahaya bagi perahu-perahu nelayan.

Meski demikian, Pantai Klotok masih menyajikan pemandangan yang sangat indah. Terlebih jika kita menyaksikannya dari puncak bukit yang ada di sebelah kanan maupun kiri pantai tersebut.

Tebing-tebing karang yang terkikis oleh hantaman ombak selama ratusan bahkan ribuan tahun membentuk formasi tebing karang yang unik.

Kalau penasaran, silahkan lihat video ini : Video Pantai Klotok Paranggupito

Bagai mana jalur menuju pantai?

Pantai Klotok sangat mudah dijangkau sepeda motor maupun mobil. Jika berangkat dari Wonogiri Kota, kita bisa berkendara ke arah selatan sekitar 60 kilometer menuju ke Kecamatan Paranggupito. Sesampainya di pertigaan Kecamatan Paranggupito, belok ke kanan (selatan) sekitar 5 kilometer sampai ke Pantai Sembukan.

Setelah melewati gapura/loket retribusi Pantai Sembukan, belok ke kanan (barat) sekitar seratus meter. Pantai Klotok berada tepat di sebelah barat Pantai Sembukan.