Friday, May 31, 2019

Pantai Sembukan, Paranggupito, Wonogiri

Pantai Sembukan, Paranggupito, Wonogiri
Pantai Sembukan, Paranggupito, Wonogiri


Pantai Sembukan merupakan salah satu pantai istimewa di Kabupaten Wonogiri. Beberapa orang mengistimewakannya karena mengaitkan dengan unsur magis, mitos, dan legenda.

Tetapi dalam tulisan ini, saya melihat keistimewaan Pantai Sembukan karena dari pantai ini kita bisa menyaksikan formasi pantai-pantai karst sejati. Formasi pantai dengan kemegahan tebing-tebing karang yang jarang ditemui di pantai lain.

Eksotisme kawasan karst langsung menyambut begitu menginjakkan kaki di Pantai Sembukan. Bukit-bukit kapur menghiasi kanan-kiri pantai. Deburan ombak menggelegar ketika menghantam tebing-tebing karang.

Pantai Sembukan diapit dua bukit yang berdiri megah di tepi laut. Yang satu dinamakan Gunung Buthak, satunya lagi dinamai Paseban Gunung Pathuk Ngasem. Ada juga sebuah masjid yang berdiri di atas bukit sebelah barat laut pantai tersebut. Untuk menuju ke dua puncak bukit itu, kita bisa berjalan kaki sekitar 300 meter dari pantai.

Rasa capek langsung terbayar lunas ketika melihat keanggunan pantai-pantai karst. Manakala melihat ke selatan, kita akan menyaksikan samudera luas hingga tepi cakrawala. Namun jika melihat ke utara, sejauh mata memandang berupa barisan perbukitan yang masuk dalam jajaran Pegunungan Seribu (Gunung Sewu).

Pemandangannya akan lebih mengesankan ketika kita berdiri di atas bukit pada waktu matahari terbit atau tenggelam. Seakan-akan, kita tidak ingin melewatkan fenomena keindahan alam walau hanya sedetik.

Video Pantai Sembukan : Video Pantai Sembukan

Pantai Sembukan berada di Desa Paranggupito, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Lokasinya berada sekitar 60 kilometer ke arah selatan dari Wonogiri Kota. Jalannya sudah bagus dan mulus. Mobil dan sepeda motor bisa diparkir tidak jauh dari pantai.

No comments:

Post a Comment

Jati-jati Raksasa di Cagar Alam Donoloyo Wonogiri

Pohon Jati di Cagar Alam Donoloyo Wonogiri Pohon Jati Berlubang di Cagar Alam Donoloyo Wonogiri Cagar Alam Donoloyo di Desa Watusomo, Keca...

BERITA TERPOPULER